4 Makanan Khas Surabaya yang Mungkin Anda Belum Pernah Merasakannya

Ada banyak sekali makanan khas Surabaya yang enak enak dan harus Anda cicipi kalau mampir ke Surabaya. Surabaya terkenal dengan banyak masakan khas yang umumnya terkenal dengan kepedasannya. Selain itu sudak banyak masakan atau restaurant khas Surabaya yang membuka cabangnya di kota lain.


Selain menjadi salah satu kota yang terbesar di Indonesia, Surabaya juga merupakan tempat wisata kuliner yang patut di kunjungi dengan banyaknya makanan atau masakan khas dengan bermacam macam rasa dan sudah pasti kelezatannya, selain itu lokasi lokasi yang terletak di hampir sudut di kota ini. Karena bukan banyak satu atau dua tetapi sampai puluhan masakan atau makanan khas yang harus Anda coba.

Karena itu berwisata kuliner di kota ini tidak akan bisa di lakukan hanya dalam satu dua hari minimal Anda harus stay di kota ini selama seminggu untuk dapat mencicipi semua masakan khas yang ada di kota ini.

Kalau rawon setan Anda pasti sudah sering dengan dan bahkan mungkin sudah mampir dan mencoba masakan tersebut, bagai mana dengan sambal ayam penyet dan sambal nya yang sangat terkenal itu?

Bahkan sekarang sambal tersebut sudah di jual bebas ke seluruh Indonesia saking banyak peminatnya, kalau rujak cingur juga pasti sudah tidak asing lagi bukan?

Jadi sekarang kita akan membahas empat makanan khas Surabaya yang mungkin Anda belum pernah merasakannya:

Kepiting Cak Gundul

Sudah sangat terkenal dan membuka beberapa cabang juga di kota lainnya. Sudah berdiri sejak tahun 1992 restaurant yang menyajikan menu seafood ini menjadi sangat terkenal karena rasa nya yang sudah tidak usah di ragukan lagi. Kalau biasanya banyak orang mampir ke Surabaya hanya untuk bebek sinjai atau rujak cingur nya jarang yang mengetahui bahwa kota ini juga memiliki warung seafood yang sangat lezat dan wajib untuk di kunjungi.

Review mengenai warung seafood ini juga sangat banyak dan selalunya baik. Menu yang sering di pesan atau kepiting asam manis dan kepiting bumbu kare. Udang, cumi dan kerang nya juga wajib di coba dan tidak kalah enak nya dengan kepitingnya. Anda bisa datang ke Jalan Kupang Indah untuk mampir dan mencicipi kepiting cak gundul yang menjadi andalan di kota ini.

Nasi Cumi

Anda dapat merasakan nasi cumi ini di Warung Nasi Cumi Jalan Waspada, ini hanya buka malam hari warung nasi yang terletak di depan pasar atom ini merupakan masakan khas Surabaya yang enak dan banyak di sukai oleh para pecinta kuliner.

Ada beberapa menu andalan yang di tawarkan seperti nasi cumi peyek, nasu campur juga nasi komplit. Meskipun penampakan masakannya biasa biasa saja tapi jangan salah rasanya patut di adu dengan masakan khas Surabaya lainnya. Lezat dan murah jadi jangan lupa mampir kesini kalau ke Surabaya ya.

Pecel Semanggi

Hampir punah sebenarnya masakan ini, karena jaman sekarang sudah susah untuk menemukan daun semanggi, karena banyaknya para penjual semanggi ini berasal dari Desa Kendung yang merupakan wilayah pinggiran di kota ini yang juga berbatasan dengan Gresik, jadi di kampung ini ada satu RT yang sebagian penduduknya berjualan semanggi dan berjualan di Surabaya berkeliling kampung. Jadi untuk menemukan mereka yang berjualan semanggi ini biasanya untung untungan saja.

Jika kita melihat kepada bahan bahan yang di gunakan pecel semanggi ini sangat lah sederhana karena bentuknya hanya seperti pecel biasa tetapi menggunakan daun semanggi dan karena itu lah di sebut pecel semanggi. Semoga saja pecel semanggi ini tidak akan punah karena seiring dengan perkembangan jaman yang membuat para penjual semanggi semakin sulit di temukan di kota ini.

Selain menggunakan daun semanggi untuk menjadi lauk pendamping nasi. Dan sambal yang di gunakan untuk pecel semanggi ini adalah yang bahan utamanya adalah rebusan ketela yang di ulek dengan kacang tanah, gula merah juga petis (di Surabaya memang seperti nya semua masakan wajib ada petisnya ya). Sambal nya biasanya akan di buat secara terpisah.

Es Krim Zangradi

Kalau sudah mencicipi masakan masakan yang pedas pedas maka wajibnya di tutup dengan es krim yang sudah sebenarnya sangat terkenal di Surabaya tetapi kebanyakan terlewatkan oleh para pecinta kuliner karena hanya terfokus pada makanan saja. Karena cuaca di kota ini yang panas terik seringkali membuat kita akan mencari es krim sebagai pelepas dahaga.

Sudah ada di Surabaya sejak tahun 1993 dan ala ala Belanda atau Eropa ini yang menjadi menu andalannya adalah noodle ice cream. Rasa khas jaman dulu dan es krim yang di tawarkan memiliki rasa khas dan berbeda dengan es krim es krim yang di jual di supermarket.

Sebenarnya masih banyak lagi masakan khas Surabaya yang patut Anda coba karena keberagaman wisata tujuan untuk kulinernya selalu membuat kota ini ramai di kunjungi oleh para wisatawan lokal maupun internasional yang mencari menu masakan yang beragam dan berbeda dengan kota kota besar lain pada umumnya.

Surabaya terkenal sebagai kota pahlawan selain kuliner destinasi wisata lainnya juga banyak di kota ini, jadi kalau mampir ke Surabaya jangan hanya mengambil cuti satu hari karena Anda tidak akan puas berwisata kuliner di kota ini hanya dengan satu hari saja.

Postingan Populer